cover
Contact Name
Sigit Apriyanto
Contact Email
info@jcopublishing.com
Phone
+6281215263928
Journal Mail Official
info@jcopublishing.com
Editorial Address
Jl. R. Fatah, No. 50, RT3/4, Sidamulya, Kec. Wanareja, Kab. Cilacap
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan
Published by CV. Tripe Konsultan
Core Subject : Education, Social,
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan (JIC) adalah jurnal terbitan CV. Tripe Konsultan bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) guru kelas Kec. Wanareja yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2020. Jurnal Insan Cendekia menerima manuskrip baik dari artikel asli maupun literature review. Jurnal Insan Cendikia memiliki cakupan yang membahas tentang kajian Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Bahan Ajar, Manajemen Sekolah, dan hal yang bersentuhan dengan Sekolah Dasar.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober" : 5 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar IPA Materi Konsep Daur Air Pada Siswa Kelas VA Semester I Sekolah Dasar Negeri Wanareja 02 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2019/2020 Heri Indarto
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.438 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i2.19

Abstract

Penelitian berjudul Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar IPA Materi Konsep Daur Air pada Siswa Kelas VA Semester I Sekolah Dasar Negeri Wanareja 02 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan subjek penelitian berjumlah 29 anak terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar siswa rendah pada kondisi pra siklus dengan nilai rata-rata 65,69. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap-tiap siklus menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika 85% dari siswa tuntas belajar serta menunjukan peningkatan keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu pada pra siklus mencapai 53,85% masuk pada ketegori cukup (kriteria agak aktif) meningkat pada siklus I mencapai 62,07% masuk pada ketegori tinggi (kriteria terkeaktifan) meningkat lagi menjadi 93,10% masuk pada kategori sangat tinggi (kriteria sangat terkeaktifan) pada siklus II. Hasil prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai rata-rata 65,69 meningkat pada siklus I mencapai rata –rata 78,62 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,86. Dari hasil penelitian, ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada siklus I (68,97%) dan pada siklus II (96,55%), terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar (27,58%). Penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik Di SD Negeri Panulisan 01 Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Tardo Tardo
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.939 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i2.20

Abstract

Fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah “Bagaimana dampak kegiatan supervisi akademik terhadap peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP?”. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan jenis kolaboratif partisipan. PTS merupakan jenis dari Action Research yang dilakukan dengan beberapa siklus penelitian yang berulang untuk meneliti tindakan terhadap masalah yang dihadapi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, pengukuran hasil belajar dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Dari tiga siklus yang diterapkan, disimpulkan bahwa kegiatan supervisi akademik terbukti dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun rencana pembelajaran berupa RPP. Hasil peningkatan keterampilan ini dapat terlihat dari data di lapangan yang menunjukkan hasil observasi guru dari tiap siklus yang selalu meningkat. Observasi sebelum tindakan rata-rata skor guru adalah 48,75, kemudian siklus 1 meningkat menjadi 54,25. Pada siklus 2 rata-rata skor guru menjadi 68,75 dan pada siklus 3 rata-rata skor guru mencapai 77,50. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran sebagai bahan pertimbangan kepada pihak lembaga pendidikan khususnya guru, untuk menggunakan kegiatan supervisi akademik untuk peningkatan kompetensi guru.
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Jenang 02 Tahun Pelajaran 2019/2020 Iwan Rijal Winata
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.577 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i2.21

Abstract

Penelitian berjudul Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Jenang 02 Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan subjek penelitian berjumlah 39 anak terdiri dari 16 laki-laki dan 23 perempuan. Penelitian ini dilakukan karena prestasi belajar siswa rendah pada kondisi pra siklus dengan nilai rata-rata 68,97. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap-tiap siklus menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika 85% dari siswa tuntas belajar serta menunjukan peningkatan motivasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu pada pra siklus mencapai 53,86% masuk pada ketegori cukup (kriteria agak termotivasi) meningkat pada siklus I mencapai 74,36% masuk pada ketegori tinggi (kriteria termotivasi) meningkat lagi menjadi 94,87% masuk pada kategori sangat tinggi (kriteria sangat termotivasi) pada siklus II. Hasil prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil prestasi belajar siswa pada pra siklus mencapai rata-rata 68,97 meningkat pada siklus I mencapai rata –rata 76,41 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,79. Dari hasil penelitian, ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada siklus I (69,23%) dan pada siklus II (100%), terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar (30,77%). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward and Punishment Di SD Negeri Purwasari 04 Tahun Pelajaran 2018/2019 Parijo Parijo
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.515 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i2.22

Abstract

Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap Kepala sekolah, guru di SD Negeri Purwasari 04 Kecamatan Wanareja Semester II Tahun ajaran 2018/2019 . Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan sekolah yang alurnya, yaitu membuat siklus yaitu dari rencana tindakan, melaksanakan tindakan, observasi dan refleksi pelaksanaan tindakan selama dua siklus. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan mengambil keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilakukan secara spiral dalam siklus-siklus sampai siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa penerapan Reward and Punishment selama dua siklus. Untuk meningkatkan disiplin para guru dapat diupayakan melalui bermacam-macam cara. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SD Negeri Purwasari 04 Kecamatan Wanareja. Hasil Penelitian menunjukkan pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and punishmen kepada guru.
Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMPN 15 Kota Tasikmalaya). Tuti Heryati
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.926 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i2.23

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang penulis lakukan diketahui bahwa minat baca dan prestasi belajar siswa belum optimal yang diduga disebabkan oleh implementasi gerakan literasi sain belum dilaksanakan secara optimal. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pembimbing literasi, guru bahasa Indonesia dan kepala perpustakaan di SMP N 15 Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh penulis menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Implementasi gerakan Literasi Sekolah (GLS) dapat meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa. 2) Adanya hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa. 3) Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5